f3R1N4

Saturday, March 05, 2005

FAVE BOOKS for THE YEAR 2004

1. Da Vinci Code (Dan Brown)
Doubleday, 2003
Hampir di semua daftar best seller, buku ini selalu jadi no. 1. Komentar orang banyak, “Full of controversy”. Cerita tentang Robert Langdon yang terjebak petualangan untuk memecahkan symbol sejarah yang menjadi rahasia selama berabad-abad. Banyak sejarah tentang gereja dan agama Kristen di buku ini. Yang aku suka dari buku ini, banyak teka-teki, emang sih, endingnya tetap khas Holldywood, tapi menegangkan, dan gak ketebak endingnya gimana. Karena buku ini, aku juga jadi penasaran sama Angels & Demons, pengen tau, petualangan Robert Langdon sebelumnya.

2. The Five People You Meet in Heaven (Mitch Albom)
Hyperion, 2003
Buku ini bercerita tentang seorang mekanik di taman hiburan, namanya Ed, yang meninggal karena kecelakaan menyelamatkan seorang anak kecil di taman itu. Dalam perjalanannya ke surga, dia bertemu dengan lima orang yang punya hubungan dengan dia secara langsung atau pun nggak. Satu pertanyaan yang tersisa di kepala setelah baca buku ini, “Kalau aku mati, aku ketemu siapa ya?” Gara-gara buku ini, aku juga jadi mengingat-ingat gimana perlakuanku, apa hubunganku dengan orang-orang di sekitarku. Gak tau ya, buku ini buat aku bagus banget… so touchy…

3. Tuesday with Morrie (Mitch Albom)
Time Warner, 1997
Gara-gara baca ‘The Five People You Meet in Heaven’, jadi ikutan penasaran sama buku ini. Ternyata sama bagusnya, sama menyentuhnya. Bercerita tentang dosennya Mitch sendiri, Morrie, yang terkena penyakit parah. Dan hebatnya meskipun Morrie sendiri juga tahu kalau hidupnya gak lama lagi, dia tetap semangat dan optimis, dan gak putus asa dengan kondisinya. Malah, dia mau berbagi dan meyakinkan, kalo kematian itu bukan sesuatu yang harus ditakuti. Bisa jadi buku ini memberi semangat buat kita-kita.

4. Cintapuccino (Icha Rachmanti)
Gagas Media, 2004
Hihihi… buku yang katanya ‘Chicklit Asli Buatan Indonesia’ ini.. bener-bener mirip sama aku… Jadi inget gimana aku pernah terobsesi dengan seseorang… gimana noraknya aku jaman dulu… Cerita tentang … yang suka banget sama cowok bernama ‘Nimo’…

5. Bukan Pasarmalam (Pramoedya Ananta Toer)
Lentera Dipantara, 2004

Aku emang suka baca buku PAT, tapi ya on-off gitu.. Kadang kalo lagi pengen, aku bakal cari buku beliau.. beli sekali dua.. titip ke teman… tapi kalo lagi bosen.. ya… udah ditinggal gitu aja.. ‘Bukan pasarmalam’ ini ceritanya tentang seorang pegawai yang pulang kampung karena bapaknya sakit, di kampungnya dia teringat gimana dia dulu.. gimana penderitaannya… Kata-katanya bagus.

6. Negeri Senja (Seno Gumira Ajidarma)
KPG, 2003
Sebenarnya gambaran ‘Negeri Senja’ ini aneh banget, tentang negeri yang dalam keadaan senja terus… pemimpinnya seorang perempuan yang … hmmm.. boleh dibilang tangan besi.. ‘sakti’.. dan berkuasa banget.. sebenarnya sih, kalo ini cerita romantis, gambaran negeri yang senja terus itu, bakal jadi romantis banget… Buku ini menginspirasi aku untuk mulai nulis-nulis. Bahasa di buku ini juga indah banget.

7. Emak (Daoed Joesoef)
Aksara Karunia, 2003
Buku ini dapetnya susah… aku langsung penasaran pengen baca versi panjangnya setelah baca nukilan buku ini di majalah Readers’ Digest. Biasanya aku gak terlalu suka sama memoar atau kisah nyata seseorang, suka ngebosenin. Tapi, begitu aku baca ‘Emak’… enak aja tulisannya. Cerita Daoed Joesoef akan kenangannya terhadap Emaknya, kehidupan di kampungnya, gambaran keluarga yang harmonis banget. Mengalir, ada lucunya… yang pasti… I appreciate my mom more.

8. Shopacholic Ties The Knot (Si Gila Belanja Akhirnya Kawin Juga) (Sophie Kinsella)
Gramedia, 2004
Aku suka banget baca ChickLit series, tapi aku paling suka kalo udah nyeritain si Becky Bloomwood ini yang doyan banget belanja.. menurut Becky, belanja itu adalah investasi,lho.. Sosok Becky ini bisa sekalian ngingetin biar gak kalap kalo belanja… apalagi kalo pake kartu kredit...

9. Perjalanan Mata dan Hati (Prima Rusdi)
Terrant Books, 2004
Isi buku ini tuh, kumpulan tulisan dari majalah CosmoGirl. Tujuannya sih untuk para ABG, tapi ternyata masih ada juga tuh yang ‘nyangkut’ untuk orang seusia aku. Bahasanya enak, topiknya juga gak berat-berat banget, solusinya juga simple dan ilustrasinya juga keren.

10. Bisik – Bisik (Reda Gaudiamo)
EKI, 2004
Satu lagi buku yang membuat aku merasa, “koq aku banget ya?” Buku yang isinya unik, terdiri dari beberapa cerpen, isinya tuh percakapan.. kebanyakan menggambarkan cewek yang biasanya suka plin-plan, gak pd-an. Lucu & unik… lumayan menyegarkan.

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home